Cara Menonaktifkan Tautan AMP di Perangkat Android

Google AMP (Accelerated Mobile Pages) telah menjadi topik yang menarik sejak 2014 silam, ketika pertama kali diluncurkan. Google ingin membuat halaman web dimuat jauh lebih cepat pada jaringan yang lebih lambat dan perangkat kelas bawah dengan mengoptimalkan halaman web.

Dalam istilah sederhana, AMP melucuti situs web ke hal-hal penting untuk membuat halaman web lebih ringan. Meskipun ide ini bagus untuk wilayah di mana konektivitas internet adalah masalah, memaksa AMP pada semua pengguna – tidak peduli seberapa cepat internet yang Anda miliki – benar-benar menyebalkan. Jadi, jika Anda ingin menonaktifkan tautan AMP di perangkat Android Anda maka berikut adalah panduan sederhana untuk Anda. Cukup ikuti petunjuk dan nonaktifkan Google AMP segera.

Cara Menonaktifkan Link AMP di Android

Di sini, saya telah menyebutkan dua cara mudah untuk memblokir halaman AMP di smartphone Android. Anda dapat pindah ke browser baru atau mengubah mesin pencari. Untuk kemudahan, Anda dapat mengklik tabel konten di bawah ini untuk berpindah ke langkah-langkah dengan mudah.

Menggunakan Browser Firefox atau Kiwi untuk Menonaktifkan Tautan AMP di Android

1. Jika Anda menggunakan Chrome maka Anda harus beralih ke Firefox (Gratis) untuk menonaktifkan tautan AMP di Android. Anda tidak perlu menginstal add-on atau mengubah pengaturan apa pun. Firefox secara asli menonaktifkan semua tautan AMP dan mengalihkan ke halaman asli. Selain itu, Firefox Focus (Gratis) juga menonaktifkan AMP secara asli.

2. Selain itu, Anda dapat menggunakan browser Kiwi (Gratis) untuk menonaktifkan tautan AMP di Android. Ini adalah browser open-source yang dibangun menggunakan basis Chromium yang sama tetapi memiliki opsi untuk menonaktifkan AMP. Cukup buka menu 3 titik dan buka Pengaturan. Di sini, buka “Privasi”.

3. Anda akan menemukan opsi “Hapus AMP” di sana. Aktifkan kotak centang dan Anda selesai. Tautan AMP sekarang akan mengarahkan Anda ke halaman web asli. By the way, menggunakan Kiwi, Anda juga dapat menginstal ekstensi Chrome di Android.

Ubah Mesin Pencari ke DuckDuckGo

1. Jika Anda tidak ingin pindah dari Chrome ke alternatif lain dan masih ingin AMP dinonaktifkan maka solusi mudahnya adalah mengubah mesin pencari ke DuckDuckGo. DuckDuckGo secara default menonaktifkan tautan AMP, tetapi Anda harus memasang hasil pencarian terbatas. Untuk mengubah mesin pencari, buka menu 3 titik dan buka “Pengaturan”. Sekarang, buka “Mesin Pencari”.

2. Di sini, pilih “DuckDuckGo” dan hanya itu. Sekarang, Anda dapat melanjutkan dan mencari di web dan tidak akan meng-crawl tautan AMP.

Nonaktifkan Google AMP di Android

Jadi ini adalah metode kerja yang memungkinkan Anda menonaktifkan tautan AMP Google di ponsel Android Anda. Sebelumnya, ada beberapa cara seperti mengatur “encrypted.google.com” sebagai mesin pencari atau menggunakan aplikasi DeAMPify untuk menonaktifkan tautan AMP. Namun, metode-metode itu tampaknya tidak berfungsi sekarang jadi saya belum memasukkannya dalam tutorial ini. Pokoknya, itu semua dari kami. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tips dan trik Chrome, ikuti panduan tertaut kami.

 

Tinggalkan komentar